PENGERTIAN DAN KEGUNAAN PENGANGGARAN
Makalah ini disusun sebagai Tugas Mata Kuliah Akuntansi Anggaran Dengan Dosen Pengampu :
Erni Unggul SU,SE,M.Si
Disusun Oleh :
1. Ayu Septiani (14030054)
2. Dwi Pungki H.M (14030070)
3. Nurul Mei Lutviana
(14030069)
4. Nurul Rodzatul Janah (14030060)
5. Siti Mulyasyaroh (14030061)
6. Yosintha Listia Nada (14030058)
Kelas/Prodi : 4B/ Akuntansi
SEMESTER 4
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL
JalanMataram No. 9
PesurunganLorMargadanaTegal
TAHUN 2015/2016
PENGERTIAN DAN KEGUNAAN PENGANGGARAN
A. Pengertian Penganggaran
Penganggaran adalah penciptaan suatu rencana kegiatan yang dinyatakan dalam ukuran keuangan. Penganggaran
memainkan peran penting di dalam perencanaan, pengendalian, dan pembuatan
keputusan.Anggaran juga untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi.
MenurutSupriyono (1990, p.15),
penganggaran merupakan perencanaan keuangan perusahaan
yang dipakai sebagai dasar pengendalian
(pengawasan) keuangan perusahaan untuk periode yang
akan datang.
Pengertian
Anggaran,Pengertian anggaran (budget) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis, meliputi seluruh kegiatan perusahaan,
dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu
(periode) tertentu yang akan datang (Munandar, 1986).
Unsur yang
melekat pada budget:
a. Rencana
Merupakan penentuan terlebih dahulu tentang aktivitas atau kegiatan yang
akan dilakukan diwaktu yang akan datang dengan spesifikasi khusus, misalnya disusun secara sistematis mencakup
seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit (satuan) moneter. Beberapaalasandiperlukannya“rencana”
bagiperusahaan:
1. Adanya ketidakpastian di masa yang akan datang.
2. Banyaknya alternatif di masa yang akan datang.
3. Rencana merupakan pedoman kerja perusahaan.
4. Rencaa sebagai alat koordinasi kegiatan dari seluruh bagian yang ada di
perusahaan.
5. Rencana sebagai alat pengawasan (control) terhadap pelaksanaan.
b. Meliputi seluruh kegiatan perusahaan
Unsur ini bermakna bahwa budget mencakup semua kegiatan yang akan dilakukan
oleh semua bagian yang ada dalam perusahaan, (pemasaran, produksi,
pembelanjaan, administrasi dan kegiatan yang berkaitan dengan sumberdaya
manusia).
c. Dinyatakan dalan unit (satuan) moneter
Budget dinyatakan dalam satuan moneter yang dapat diterapkan pada berbagai
kegiatan perusahaan yang beraneka ragam, yakni satuan ”rupiah”, mengingat
satuan dari berbagai kegiatan pada dasarnya berbeda misalnya: untuk bahan
mentah kilogram, tenaga kerja jam kerja per minggu dan seterusnya.
d. Jangka waktu tertentu yang akan datang.
Unsur ini menyatakan bahwa budget berlaku untuk masa datang, hal ini
berarti bahwa apa yang dimuat dalam budget adalah taksiran –taksitan (forecast)
tentang apa yang akan terjadi serta apa yang akan dilakukan di waktu yang akan
datang. Berkaitan dengan jangka waktu, budget dikenal dengan :
a.
budget strategis
budget yang berlaku untuk jangka panjang/lebih dari 1 periode akuntansi/ 1
tahun.
b.
budget Taktis
budget yang berlaku untuk jangka pendek. Budget yang disusun untuk 1
periode akuntansi (setahun penuh) dinamakan budget Periodik (periodikal budget), sedangkan budget
yang disusun untuk jangka waktu kurang dari satu periode akuntansi misalnya
jangka tiga bulanan, danse bagainya disebut sebagai budget bertahap (continous budget).
Faktor yang memengaruhi
ketepatan penentuan jangka waktu berlakunya budget adalah:
1.
Luas pasar
2.
Posisi
perusahaan dalam persaingan
3.
Jenis Produk
yang dihasilkan (elastis dan in-elastis, umur selera konsumen)
4.
Tersedianya
data dan informasi (berkatan dengan keakuraan budget).
5.
Keadaan
perekonomian pada umumnya. (kasus krisis moneter).
B. Kegunaan Penganggaran
Ada beberapakegunaanpenganggaran,yaitu:
1. Angkalaba yang dikehendakiolehperusahaan
2. Sumberdaya yang
diharapkandapatdihasilkanataudigunakanselamaperiodeanggaran yang akandatang
3. Memberikanlandasanuntukpengambilankeputusanalternatif
yang terbaik
4. Anggaranjugamenginformasikankepadamanajemenkonsekuensiserangkaian
alternative tindakan, memberikanlandasanuntukmemutuskan alternative yang
terbaik
Proses Penganggaran
Proses penganggaranbukanlahilmumurnidanpertimbangan
yang baikmemainkanperanesensial. Proses penganggaran,antara lain :
1. Mendefinisikan
penyusunan anggaran dan mendiskusikan perannya dalam perencanaan, pembuatan
keputusan, dan pengendalian.
2. Mendefinisikan
dan menyusun anggaran induk, mengidentifikasikan komponen-komponen utamanya,
dan menjelaskan hubungan antar komponen-komponen tersebut.
3. Menguraikan
pengangaran fleksibel dan fitur yang harus dimiliki oleh system penganggaran
untuk mendorong manajer berperilaku keselerasantujuan.
4. Menguraikan
penganggaran berbasis aktivitas.
Kegunaan
budget:
1.
sebagai pedoman
kerja
2.
sebagai alat
pengkoordinasian kerja
3.
sebagai alat
pengawasan kerja/tolok ukur.
Faktor yang
memengaruhi penyusunan budget:
a.
Faktor interen
Yang dimaksud dengan faktor intern adalah data, informasi dan pengalaman
yang terdapat di dalam perusahaan sendiri. Yang dapat berupa: Penjualan tahun
–tahun lalu, kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual, kapasitas produksi dll).
b.
Faktor Ekstern
Faktor ekstern meliputi, data, informasi dan pengalaman yang terdapat di
luar perusahaan, tetapi memiliki pengaruh terhadap kehidupan perusahaan.Yang
dapat berupa keadaan persaingan, tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat
penghasilan masyarakat, pendidikan masyarakat, perekonomian nasional, berbagai
kebijakan pemerintah dll.
DAFTAR PUSTAKA
tugaskuliahanakmenej.blogspot.co.id/2011/12/penganggaran-perusahaan.html http://penganggaranprh.blogspot.com/
http://sejutasuluh.blogspot.co.id/2015/03/belajar-mudah-tentang-penganggaran.html